Thursday, July 5, 2018

Cara Membuat Waffle Fries Renyah dan Garing

Waffle adalah makanan yang sudah cukup terkenal di daerah Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang sudah mulai merambah ke Negara kita, yang demikian itu nampak dari maraknya penjualan waffle di pinggir jalan dan cafe. Salah satu jenis waffle yang cukup populer ialah roti waffle dari negara Belgia dengan nama yang bervariasi, seperti waffle pandan, blue waffle, dan lain sebagainya.

Waffle merupakan roti yang berasal dari Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan makanan khas Indonesia, namun masakan ini sangat banyak dijumpai di resto yang ada di tanah air.

Dalam proses pembuatan roti waffle terkadang yang sulit untuk anda lakukan ialah menemukan pencetak khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dengan alat cetak roti lainnya. Akan tetapi untuk pembentukan adonan waffle sangat gampang dibuat, anda mampu dengan mudah untuk membentuknya.

Roti waffle sangatlah cocok digunakan untuk makan pagi, kebanyakan waffle disajikan bersamaan dengan topping strawberry, coklat dan lainnya sesuai keinginan, roti waffle juga biasa disandingkan bersamaan dengan kopi. Ada juga sebagian orang yang lebih suka menikmati waffle sebagai dessert.

Akan tetapi apakah anda sudah tahu bahwa roti waffle memiliki beraneka macam jenis?

Berikut 6 jenis roti waffle yang paling terkenal di dunia:

1. Macam-macam Kue Waffle
Berikut ini adalah beberapa varian waffle yang sering kita jumpai di sekitar kita. Berikut keterangannya:

a. Waffle Amerika
Ini adalah jenis waffle yang dihidangkan di All Good. Roti waffle Amerika semakin nikmat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti: f krim, sirup, atau es krim.

Biasanya American Waffles mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan isi yang padat. Walau memiliki isi, roti waffle Amerika tetap mudah diiris seperti roti pancake.

b. Waffle Belgia
Waffle Belgia biasanya memiliki berat yang ringan dilengkapi tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sebenarnya bila melihat dari sejarahnya, Pada dasarnya Waffle Belgia hanya diberi gula saja tanpa campuran topping lainnya. Penambahan topping di waffle Belgia ini dapat dikatakan sudah mengkontaminasi keautentikannya.

Baca juga  Beberapa Analisa Usaha Minuman Kemasan
c. The Liège Waffles
Bahan The Liège waffles dibuat dari bahan roti Brrioche yang mempunyai rasa manis. Hal tersebutlah yang membuat the liege waffles menjadi padat dan manis di lidah.

d. Waffle Hong Kong
Di Hong Kong, kue waffle biasanya dijual oleh pedagang keliling. Masyarakat di sana terbiasa menikmatinya selagi kondisi hangat.

Waffle Hong Kong memiliki tekstur bulat-bulat seperti kue cubit. Penjual waffle di Hong Kong memiliki kebiasaan meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian Waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis kemudian dibentuk seperti hati. Biasanya di atas Scandinavian waffle diberi gula, buah stoberi, selai, dan buah-buahan.

f. Stroopwafels
kue waffle berlatar belakang Belanda ini adalah kue waffle tipis ditambahkan dengan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Stroopwafels ialah waffle yang dipotong menjadi dua bagian yang sama saat masih di dalam proses dipanggang. Barulah waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis yang berfungsi sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Campuran Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Waffle Fries
Cara membuat waffle fries yang akan kami tuliskan ini merupakan resep yang tidak jauh berbeda dengan teknik belgian waffles yang sudah cukup terkenal, sehingga membuat waffle ini menjadi cukup renyah dan gurih.

Untuk membuat waffle fries yang nikmat dan sehat anda membutuhkan berbagai bahan-bahan berikut ini:

a. 1/4 kg tepung terigu.
b. 1/20 kg margarin yang dicairkan terlebih dulu.
c. 400 ml susu cair.
d. 1/2 sdt garam dapur.
e. Tiga kuning telur ayam.
f. Tiga putih telur ayam.
g. 2 sdm gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap pakai.
i. Kemudian vanila powder, sesuai kebutuhan.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-waffle-fries/

Tips Jitu Memulai Bisnis Cake Pop

1. Mencari Supplier
Carilah distributor bahan-bahan utama kue yang menjual aneka jenis produk-produk yang berkualitas dan harganya terjangkau. Jika Anda telah menemukan pemasok untuk bahan-bahannya maka Anda dapat bekerjasama untuk mensuplai bahan baku pembuatan cake pop untuk sehari-hari.

2. Konsumen Cake Pop
Tentukanlah calon konsumen yang akan dituju sebelum menjalankan cake pop ini. Cake pop memang jenis makanan yang banyak disukai berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan sampai orang tua. Agar bisa membuat para konsumen merasa puas maka berikanlah aneka jenis cake pop dengan berbagai variasi rasa.

Seperti cake pop coklat dengan banyak jenis bentuk dan rasa agar menarik minat konsumen anak-anak, varian cake pop rasa coklat untuk konsumen remaja serta aneka cake pop bagi konsumen dewasa serta orang tua.

3. Kelebihan Bisnis Aneka Cake Pop
Kelebihan bisnis Cake Pop ialah cara pembuatannya yang mudah dan bahan yang digunakan harganya terjangkau. Sehingga semua orang bisa menjalankan jenis bisnis cake pop ini dengan modal kecil dan peralatan yang seadanya di rumah. Bahan baku untuk membuat cake pop ini juga cukup mudah untuk diperoleh di pasaran, untuk itu kebutuhan akan bahan-bahan cake pop bisa dipenuhi setiap hari dengan mudah.

Baca juga  Usaha Makanan Ringan Dengan Modal Sedikit
4. Cara Pemasaran Bisnis Aneka Cake Pop
Anda dapat mendistribusikan penganan cake pop ini dengan sistem menitipkan ke toko-toko camilan, kantin, supermarket, maupun supplier makanan yang ada di dekat rumah. Supaya cake pop yang dibuat bisa dijangkau oleh banyak orang maka cobalah Anda tawarkan cake pop dengan berbagai macam ukuran.

Anda bisa mempromosikan dengan cara memanfaatkan media cetak berupa poster dan brosur yang disebarkan di sekeliling tempat bisnis. Sedangkan untuk manjaring calon pembeli lebih banyak lagi, maka bisa dengan cara memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook, twitter, atau pun website. Apabila Anda aktif menginformasikan pudding Anda maka akan semakin besar peluang Anda berhasil.

Kunci sukses menjalankan bisnis cake pop ini adalah kreativitas serta kelezatan yang ada pada cake pop yang dibuat. Buat cake pop dengan rasa yang menarik, unik dan belum pernah ada. Misalnya membuat aneka rasa yang dikombinasikan sehingga memiliki rasa dan bentuk cake pop yang lebih unik. Dengan adanya inovasi yang berkualitas dan menarik maka Anda dapat menarik para konsumen untuk mendapat keuntungan yang sangat memuaskan.

Pada saat menjalankan bisnis cake pop ini perlu adanya penunjang berupa mesin display cooler. Mesin display cooler ini berguna untuk mengawetkan atau mendinginkan cake pop. Sehingga cake pop pun bisa bertahan cukup lama dan lebih segar.

Jika tidak mengunakan mesin display cooler ini pasti cake pop Anda akan basi dan tidak bisa dijual lagi. Namun dengan menggunakan mesin display cooler ini Anda akan dengan gampang mendinginkan cake pop, selain itu mesin pendingin ini dapat dimanfaatkan sebagai pemajang cake pop yang dijual. Sehingga calon pembeli Anda bisa dengan mudah memilih jenis cake pop yang ditawarkan.



No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Membuat Waffle

Cara Membuat Waffle Chocolate Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat terkenal di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang suda...