Thursday, July 5, 2018

5 Manfaat Sayur Brokoli

Budaya makan sayur telah ada sejak jaman lalu, malahan sebelum ada ahli kesehatan yang menyampaikan dengan jelas mengenai manfaat sayur bagi kebugaran tubuh.

Berdasarkan banyak referensi, manusia purba ternyata lebih banyak makan sayur-sayuran ketimbang daging, karena memang itu santapan yang berlimpah tersedia di lingkungan tempat tinggal mereka.

Seiring dengan bertambah majunya peradaban, budaya bertani pun kemudian dikembangkan.

Seperti yang kita ketahui sayur-sayuran memang memiliki banyak vitamin, mineral dan serat, yang semuanya diperlukan untuk diet sehat.

Studi para ahli juga menyatakan, bahwa semakin banyak mengonsumsi sayuran, maka semakin besar potensi tubuh kita untuk menangkal serangan penyakit.

Makan sayur brokoli merupakan sebuah keharusan bagi yang sadar betapa pentingnya kesehatan, sebab tidak semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh ada pada produk pangan hewani.

Namun manusia juga masih perlu untuk memakan produk hewani dengan alasan yang sama.

Tubuh juga memerlukan banyak protein dan asam lemak, dan ini yang banyak ditemukan pada produk hewani.

Bagaimanapun, tubuh kita butuh keseimbangan untuk melaksanakan fungsinya dengan baik.

Pentingkah manfaat sayur brokoli untuk kesehatan tubuh?

Ada banyak manfaatnya jika Anda melengkapi diet sehat Anda dengan mengonsumsi banyak sayur-sayuran dan buah-buahan.

Berikut ini beberapa alasan bahwa mengonsumsi sayur brokoli itu sangat penting:

1. Bergizi Tinggi Tapi Rendah Lemak
Sayur mayur dan buah-buahan sama, keduanya rendah lemak tetapi memiliki jumlah vitamin dan mineral yang tinggi.

Semua jenis sayuran, seperti sayur brokoli, sayur berdaun hijau dan orange merupakan sumber yang kaya kalium, kalsium, magnesium, zat besi, beta – karoten, vitamin B – kompleks, vitamin C, vitamin A , dan vitamin K.

2. Sayur Brokoli Sebagai Sumber Antioksidan
Sama halnya dengan buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber antioksidan.

Ia adalah zat yang berperan penting , terutama membantu melindungi tubuh manusia dari menjaga tubuh manusia dari penyakit, menyingkirkan oksidan dan meminimalisir resiko kanker.

Zat oksidan, atau juga sering disebut dengan radikal bebas, adalah molekul yang bersifat racun dan merusak bio molekul dalam sel.

Baca juga  Beginilah Peluang Usaha Sosis Kentang yang Enak
Karena bersifat yang merusak (mengoksidasi) bio molekul sehat dalam sel, maka oksidan yang tak tertanggulangi ini bisa mengakibatkan penyakit berat seperti kanker dan jantung.

Oksidan atau radikal bebas akan semakin cepat menjadi banyak, oleh faktor lingkungan yang tinggi polutan.

Dengan demikian, maka tubuh manusia memerlukan zat yang memiliki sifat antioksidan, yaitu sebagai tandingan untuk menyingkirkan zat pemusnah yang bernama oksidan.

Jadi pentingnya buah-buahan dan sayuran ini karena keduanya adalah menu makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan yang akan membuat kita jauh dari serangan penyakit.

3. Sumber Serat Tinggi
Sayur brokoli  memiliki banyak kandungan serat yang larut maupun serat tidak larut.

Zat yang disebut dengan serat ini berguna untuk menyerap kelebihan air didalam usus besar, menjaga kelembaban didalam feses, dan membantu pengeluaran kotoran dari tubuh.

4. Mencegah Kita Dari Obesitas
Kebanyakan jenis sayur mayur mempunyai kandungan kalori dan lemak yang rendah.

Beberapa contoh sayur mayur yang memiliki kalori rendah kurang dari 20 per 100 g, adalah seperti brokoli, pare, blonceng, bayam, labu, sawi, terong, dll.

Hasil eksperimen menyatakan bahwa menu makanan yang rendah kalori tapi kaya nutrisi bisa membantu tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit.

Semakin banyak mengonsumsi sayuran akan membuat Anda tetap fit, sementara mencegah dari kegemukan.

5. Membuat Sehat, Cantik dan Terlihat Lebih Muda
Diet dengan sayur brokoli tidak saja akan membuat Anda merasa lebih baik, tapi juga bisa membuat Anda lebih fit.

Suplemen yang ada di pasaran tidak bisa melampaui kekuatan vitamin dari sumber alami.

Jika Anda memakan sayuran berwarna – merah, oranye, kuning, dan hijau tua – maka Anda akan mendapatkan berbagai macam vitamin penting bagi tubuh, terutama A, B, C dan K, serta mineral.

Sumber : https://ramesia.com/manfaat-sayur-brokoli/

Manfaat Susu Kedelai Putih Bagi Kesehatan


Manfaat Susu kedelai alami Putih
Manfaat susu kedelai putih yang lain adalah bagi yang sedang melakukan diet bisa memanfaatkan susu kedelai putih untuk pemenuhan gizi selama diet.

Susu kedelai putih merupakan minuman yang mempunyai protein tinggi namun rendah lemak. Sehingga tak perlu takut gemuk untuk mengkonsumsinya. Penelitian lain mengatakan jika mengkonsumsi sebanyak 10 mg kedelai per hari dapat menurunkan risiko kanker payudara sampai 25 persen.

Hal ini dikarenakan kedelai mengandung antioksidan berupa zat genistein yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker jika dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang.

Sedangkan bagi anak yang mengalami autisme, protein yang terdapat pada susu sapi atau olahannya seperti keju mengandung kasein dan glutein yang akan mengganggu fungsi otak, yang nantinya akan dapat memperparah autisme.

Maka dari itu penggunaan susu sapi pun harus diganti dengan susu kedelai putih, untuk dapat memelihara fungsi otaknya.

Tidak dipungkiri kedelai sangat baik bagi kesehatan jasmani. Cobalah untuk minum susu kedelai putih dan rasakan khasiatnya. Sebenarnya kedelai sama seperti makanan lainnya, tidak masalah selama dikonsumsi sesuai kadarnya.

Konsumsi susu kedelai putih dalam jumlah yang seimbang dapat bermanfaat bagi tubuh. Namun, konsumsi kedelai dalam bentuk apa pun wajib didampingi dengan makanan sehat lain, seperti buah dan sayuran, biji-bijian utuh, serta makanan berprotein lainnya. Karena tubuh membutuhkan asupan beragam jenis makanan.

Jadi selain meminum susu kedelai putih untuk mendapatkan manfaatnya, jangan lupa untuk konsumsi berbagai jenis lainnya supaya kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.

Lemak, Magnesium dan Kalsium serta Zat Besi

Kedelai tinggi kandungan asam lemak seperti omega-3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung koroner juga serangan jantung.

Magnesium dan kalsium yang terdapat dalam kedelai diduga bisa meminimalkan migrain, mengatur kadar gula darah, dan mengurangi gejala pra-menstruasi. Susu kedelai putih juga terkandung zinc yang penting untuk sistem kekebalan tubuh.

Baca juga  Peluang Usaha Makanan Ringan Masih Terbuka Lebar
Mineral dan Vitamin

Susu kedelai putih mempunyai kandungan mineral dan vitamin lain yang dibutuhkan bagi kesehatan manusia. Vitamin B12 berfungsi memproduksi hemoglobin sehingga meminimalkan gejala anemia. Sumber vitamin B12 antara lain produk susu atau telur.

Namun, bagi vegetarian juga mereka yang alergi terhadap susu sapi, minum susu kedelai putih adalah solusi melengkapi asupan vitamin B12. Sedangkan vitamin D membantu untuk kesehatan tulang. Banyak susu kedelai alami yang dijual telah disisipkan vitamin D.

Manfaat susu kedelai putih lainnya tidak bisa lepas dari kandungan yang ada dalam kedelai. Nutrisi susu kedelai putih terletak pada komponen kedelai yang mencakup protein, karbohidrat, lisin, vitamin E dan K, fiber, ataupun asam lemak essensialnya.

Lisin ialah jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai putih. Berikut ini beberapa kandungan susu kedelai putih yang bagus bagi tubuh.

Manfaat susu kedelai alami putihbegitu efektif untuk beberapa permasalahan kesehatan. Protein, vitamin dan mineral dapat membantu berbagai masalah berikut:

Mencegah osteoporosis
Mengontrol kolestrol dalam darah
Kesehatan Jantung (kardiovaskular)
Mengelola tekanan darah tinggi
Mengurangi risiko diabetes
Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang meminum susu kedelai putih setiap hari memiliki risiko osteoporosis 56 persen lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum susu kedelai putih. Selain itu, susu kedelai putih dapat meringankan gejala menopause. Kedelai juga disebut-sebut dapat membantu fungsi kognitif wanita yang berusia di bawah 65 tahun.

Protein

Susu kedelai putih memiliki protein yang hampir sama banyaknya dengan protein susu sapi, tapi dengan kalori yang lebih rendah. Susu kedelai putih ialah sumber protein yang sangat lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kedelai mengandung 9 asam amino esensial. Tubuh mampu mengubah asam amino menjadi protein baru, termasuk antibodi yang penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Kandungan protein yang memegang peranan pada jaringan, dan enzim yang bagus bagi sel-sel dalam tubuh menghasilkan energi.

Setiap cangkir susu kedelai putih tanpa campuran gula mengandung 7 gram kandungan protein.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Membuat Waffle

Cara Membuat Waffle Chocolate Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat terkenal di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang suda...