Monday, May 21, 2018

Menjalankan Usaha Sosis Jamur Tiram dan Analisa Usahanya

Usaha Sosis Jamur Tiram
Formula sosis ini selanjutnya diikuti oleh beragam bangsa saat itu dengan selera mereka sendiri. Misalnya Sosis Bologna lahir dari kota Bologna di Italia Utara, selanjutnnya Sosis Lyon lahir di wilayah Lyon di Prancis, atau Sosis Berkshire yang lahir di Wilayah Britania Raya. Dalam memproduksi sosis, ada sejumlah tahapan yang harus dikerjakan, diantaranya adalah:

Menyiapkan Bahan Sosis serta Peralatan Pembuatannya
Formula sosis disesuaikan dengan jenis daging atau bahan utama yang akan diolah, ceklah bahan-bahan yang kita gunakan ialah bahan yang dalam keadaan fresh supaya pelanggan tidak kecewa.

Selain itu kefreshan bahan utama akan sangat mempengaruhi kelezatan dari sosis yang akan Anda produksi. bila kita tertarik mengadon sosis ayam, maka komposisinya terdiri dari:

Daging bebek sebanyak 500 gr
Jamur tiram secukupnya
Tepung terigu sebanyak 50 gr
Susu skim kira-kira 50 gr
Pembungkus secukupnya
Baca juga  Usaha Kopi Jenggo Sederhana Yang Menjanjikan
Pada masa dulu pelapis adonan terbuat dari usus sapi atau kambing dan Babi, bisa juga komposisi lain yang khusus digunakan untuk kebutuhan lapis-melapisi, seperti serat sellulosa, kolagen, atau plastik. Pembungkus atau kulit sosis ini dapat didapat di toko-toko di sekitar lingkungan Anda.

Resep sosis meliputi garam dapur (1sdm), gula putih sesuai selerabiasanya 30gr, lada merica (10gr), bawang putih (10gr), penyedap rasa ayam sesuai selera biasanya 100gr, garam nitrat (1gr), minyak goreng (50gr), cuka (20ml), penyedap rasa secukupnya, jahe serta pala (3gr), pengenyal phosmix Mp untuk bakso/sosis 1/2sdt, dan es batu kurang lebih 200gr.

Sementara alat-alat yang harus disiapkan diantaranya adalah: perlengkapan masak, seperti panci, baskom, pengukus, dsb, mesin penggiling (blender) daging, serta mesin pengisi sosis (filling sosis) agar proses produksi lebih cepat.

Cara Pengolahan Sosis Jamur Tiram
Daging yang sudah bersih, dipotong-potong selanjutnya dihaluskan dengan mesin penggiling khusus daging. Ketika tahapan tersebut berberjalan, masukkan juga garam, garam nitrat, phosmix MP, dan setengah bagian es batu. Selanjutnya, masukkan pula susu skim, tepung terigu, serta bumbu-bumbu. Sisa es batu lainnya dimasukkan juga ke mesin blender supaya tercipta adonan yang lebih kenyal. Aduk terus agar adonan menyatu. Kemudian sebelum proses pengadukan berakhir, masukkan minyak goreng ke dalam adonan. Tahapan selanjutnya ialah membiarkan adonan agar sedikit lebih dingin.

Proses ini berlangsung selama 1/4 jam. Ketika adonan lumayan dingin, maka adonan dibungkus ke dalam selongsong (casing). Langkah memasukkan adonan sosis pada pembungkus yang berbentuk pipa tersebut bisa dilakukan secara manual atau dengan alat filling sosis yang bisa Anda beli di Ramesiamesin.com.

Setelah Proses casing sosis selesai, Langkah lebih lanjut ialah pengukusan. Kukus sosis ke dalam air mendidih yang berthemperatur konstan 60°-70° C selama 50 menit. Jika kegiatan pengukusan telah selesai, maka sosis telah siap dikemas lagi untuk Tahapan penjualan dan diawetkan di freezer.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-sosis-jamur-tiram/
https://ramesia.com/

Memulai Bisnis Kopi Ateng Agar Berhasil

Kopi adalah golongan minuman yang banyak digemari banyak kalangan baik dari remaja, dewasa sampai orang tua. aroma kopi yang sedap dan mantap sungguh pas dirasakan saat kapanpun. Menikmati kopi telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia sejak dahulu hingga saat ini. Minum kopi sendiri banyak dilakukan orang-orang di dini hari, siang hari ataupun pada malam hari yang sejatinya kondisi yang tepat untuk menikmati kopi.

Sudah tak heran lagi, budaya ngopi ini sudah mendarah daging di orang-orang mulai dari golongan ekonomi menengah bawah sampai ekonomi atas. Semua kalangan masyarakat sungguh banyak yang kecanduan kopi, sehingga rasanya akan ada yang kurang kalau meninggalkan waktu untuk meminum kopi.

Kopi itu merupakan tipe minuman yang diciptakan dari pengolahan butir kopi. Butir kopi sendiri dihasilkan dari tanaman kopi yang sudah matang dan tua yang setelah itu dikupas serta dikeringkan terlebih dahulu. Setelah tahap penjemuran lanjut ke tahapan penyangraian kopi yang ditujukan untuk menciptakan rasa dan aroma kopi yang lebih lezat. Proses ini dilakukan dengan menyangrai kopi tidak membutuhkan minyak, kemudian fase sangrai selesai biji kopi bisa digiling agar mendapatkan bubuk kopi yang halus dan sempurna. Bubuk kopi inilah yang dinikmati untuk dibuat menjadi minuman yang mantap.

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki kopi dengan jumlah paling besar di dunia. Oleh karena itu tak heran bila kopi dari Indonesia sudah masyhur hingga mendunia. Salah satu jenis kopi yang memiliki peringkat pertama dengan kualitas terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut dihasilkan dari sisa pencernaan hewan luwak yang diperdagangkan dengan nominal harga sangat tinggi.
Memulai Bisnis Kopi Ateng
Sedikitnya ada beberapa poin yang wajib Anda pikirkan untuk mengawali usaha ini. Pahami betul dengan seksama.

Sasaran Customer
Anda wajib mengkonsep masak-masak siapa target konsumen Anda. Siapakah yang nantinya menjadi pelanggan prioritas bisnis kopi ateng Anda. Berapa gajinya. Seperti apa mereka menikmati cita rasa suatu kopi. Kalangan apakah mereka? Pelajar, karyawan, kaum kapitalis, eksekutif kantoran, ataukah para penggemar kopi?

Mempelajari sikap customer dapat membantu memetakan trik berikutnya. Misalnya lokasi yang cocok, desain kode yang sesuai, dan tarif yang pas untuk kopi Anda. Jika modal Anda kecil dan menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan sahabat atau partner bisnis yang mau membiayai usaha Anda.

Cara gampang mendapatkan investor adalah membawa sertifikat tanah atau BPKB Anda ke Bank. Namun ada cara lain yang paling aman dan hemat. Cobalah untuk ikut serta kegiatan-kegiatan business plan competition yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga. Misalnya Wirausaha muda mandiri. Bila berhasil, Anda akan memperoleh pembiayaan secara gratis.

Baca juga  Poin-Poin Penting Ketika Menggarap Bisnis Bakso Urat
Tertarik untuk menekuni bisnis kopi ateng yang menjanjikan? Peluang berbisnis kopi ateng memang masih terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin terjun langsung di usaha tersebut. Usaha ini simpel ditekuni tanpa harus mempunyai kemampuan tertentu dalam mengelolanya. Meracik kopi memang tidak rumit dan susah semisal mengolah racikan resep masakan kuliner. Dengan kegampangan proses pengolahan kopi yang mudah menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak kalangan untuk menerjuni bisnis kopi ateng.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Membuat Waffle

Cara Membuat Waffle Chocolate Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat terkenal di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang suda...