Tuesday, July 24, 2018

Mencoba Usaha Susu Kedelai Aneka Rasa di Rumah

Meskipun peluang bisnis susu kedelai aneka rasa ini terlihat remeh namun jika mau mengerjakannya, maka usaha di rumah tanpa modal besar yang menggiurkan tersebut akan sangat membantu memperoleh penghasilan lebih.

Susu kedelai aneka rasa ialah satu dari hasil pengolahan dari bahan baku biji kedelai. Susu kedelai banyak mengandung protein dengan susunan asam amino yang mirip dengan kandungan protein pada susu sapi. Ini membuat susu kedelai sebagai pengganti dari susu sapi , terlebih untuk para konsumen yang sensitif pada protein susu sapi.

Susu kedelai aneka rasa ini sangat baik bagi kesehatan serta jadi susu yang amat populer untuk kalangan vegetarian. Banyak kalangan yang gemar minum susu ini mulai dari anak-anak hingga yang dewasa. Susu kedelai ini mempunyai manfaat lebih untuk siapa saja yang mengkonsumsinya yakni mengandung sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh dan bagi tulang. Selain daripada itu susu kedelai juga mampu menurunkan kolesterol jahat yang ada di tubuh.

Susu kedelai aneka rasa menjadi minuman yang punya gizi yang tinggi terutama untuk kandungan protein. Selain mengandung protein yang tinggi susu kedelai ini juga sumber kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, lemak, dan vitamin. Mengkonsumsi susu kedelai sama baiknya dengan minum susu sapi. Meski bila disejajarkan dengan susu sapi, harga untuk susu kedelai ini lumayan murah.

Susu kedelai aneka rasa ini dapat dibuat dengan cara yang mudah menggunakan alat dan teknologi sederhana. Ketika membuatnya pun tidak butuh ketrampilan khusus.

Karena banyak manfaat pada minuman kedelai ini, maka dapat dijadikan sebagai sasaran bisnis demi memperoleh pundi-pundi rupiah. Prospek dalam usaha susu kedelai ini cukup menguntungkan bila dikerjakan dan gampang untuk dipelajari. Bahan baku pembuatan susu kedelai ini bisa dicari dengan gampang sehingga untuk memulai usaha susu kedelai ini cukup sederhana.

Baca juga  Inilah Trik Membuka Bisnis Restoran di Jakarta Agar Langsung Ramai Pengunjung
Persiapan dan Cara Mengawali Usaha Susu Kedelai Aneka Rasa
Umumnya umum tak ada persiapan yang khusus ketika membuat susu kedelai dengan beraneka rasa. Sebab peralatan yang digunakan biasanya ialah alat-alat dapur yang pasti ibu rumah tangga sudah mempunyai peralatan tersebut. Bahkan banyak yang sudah terbiasa memakainya dalam kegiatan masak-memasak di rumah. Alat-alat tersebut antara lain:

Blender
Alat yang satu ini wajib dipunyai sebagai modal bisnis yang sifatnya untuk digunakan setiap kali membuat susu kedelai. Yang pasti pilihlah blender dengan kualitas bagus agar penggunaannya bisa tahan lama. Dengan dana maksimal 500 ribu maka sudah diperoleh blender bermerek yang bagus dan tahan lama.

Baskom dan Saringan
Hal ini juga cukup perlu untuk dipunyai. Penyaring digunakan sebagai alat menyaring susu kedelai biar halus serta enak untuk dikonsumsi. Sedangkan wadah dipakai untuk tempat menyimpan sementara hasil penyaringan susu kedelai. Dengan budget sekitar 100 ribu untuk bisa mendapatkan kedua alat tersebut.

Corong
Dibutuhkan corong untuk menyajikan susu kedelai aneka rasa yang sudah jadi untuk meminimalkan tumpahnya susu kedelai.

Sendok Sayur
Alat ini dipakai untuk menyendok bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi susu kedelai agar tetap steril dan susu dapat awet.

Perlengkapan
Meja
Tempat es
Plastik kemasan
Sedotan
Bahan-bahan
Kedelai 5 kg
Untuk usaha awal cukup sediakan kedelai sebanyak 5 kilogram. Harga kedelai paling mahal berkisar 20 ribu/kilogram. Total 100 ribu terpakai untuk beli bahan kedelai.

Gula dan bahan-bahan lain.
Siapkan budget sekitar 100 ribu guna membeli gula serta bahan lainnya. Bila ditotal kesemua peralatan, perlengkapan dan bahan itu maka akan menghabiskan dana tidak sampai 1 juta rupiah saja.

Cara Membuat Susu Kedelai Aneka Rasa
Merendam
Cuci bersih biji kedelai dari kulitnya lalu kemudian merendamnya dalam air bersih selama semalaman.

Menggiling
Setelah direndam, selanjutnya giling biji kedelai dengan blender dan saringlah hasil gilingan tersebut untuk mendapatkan sari kedelainya yang berwarna putih. Sampai disini langkahnya sudah 75% selesai.

Merebus
Rebus air saringan kedelai tersebut dengan ditambahkan gula serta daun pandan sebagai penyedap. Aduk terus-menerus hingga mendidih selama 10-15 menit lalu dinginkan. Susu kedelainya telah siap untuk dikemas dengan menggunakan plastik yang sebelumnya telah disiapkan.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-susu-kedelai-aneka-rasa/

Cara Mudah Membuat Waffle Chocolate di Rumah

Cara Membuat Waffle Chocolate
Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat terkenal di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang sudah mulai merambah ke Negara kita, hal tersebut terlihat dari banyaknya penjualan waffle di pinggir jalan dan rumah makan. Jenis waffle yang paling populer ialah roti waffle dari Belgia dengan nama yang bervariasi, seperti waffle pandan, blue waffle, dan lain sebagainya.
Waffle adalah roti yang berasal dari negara Belgia dan memiliki motif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukanlah menu asli Indonesia, tetapi masakan ini cukup banyak dijumpai di resto yang terdapat di tanah air.
Pada proses pembuatan waffle biasanya yang sukar untuk anda lakukan ialah mencari cetakan khusus waffle yang memiliki ciri berbeda dibandingkan dengan alat cetak kue lainnya. Akan tetapi untuk pembentukan adonan roti waffle sangat mudah dibuat, anda dapat dengan mudah untuk membentuknya.
Waffle sangatlah cocok disajikan untuk sarapan, kebanyakan kue waffle disajikan bersama topping strawberry, coklat dan lainnya sesuai keinginan, kue waffle juga biasa disandingkan bersama kopi. Terdapat juga beberapa orang yang lebih suka mengkonsumsi waffle sebagai dessert.
Namun apakah anda sudah mengetahui bahwa roti waffle memiliki berbagai macam jenis?
Berikut 6 macam waffle yang paling terkenal di dunia :

1. Macam-macam Roti waffle
Berikut merupakan beberapa varian waffle yang biasa kita temukan di sekeliling kita. Berikut penjelasannya:

a. Waffle Amerika
Ini adalah varian roti waffle yang disajikan di All Good. Waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, atau es krim.

Biasanya Waffle Amerika mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan isi yang padat. Walau memiliki isi, waffle Amerika tetap mudah diiris layaknya kue pancake.

b. Belgian Waffles
Waffle Belgia biasanya memiliki berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang.

Sebenarnya jika dilihat dari sejarahnya, Pada dasarnya Waffle Belgia hanya dicampur gula saja tanpa dicampur topping lainnya. Penambahan topping di waffle Belgia ini dapat dikatakan sudah merubah keautentikannya.

Baca juga  Mengenal Sedikit Peluang Usaha Bisnis Kemasan yang Menggiurkan
c. The Liège waffles
Bahan The Liège waffles dibuat dari bahan roti Brrioche yang mempunyai rasa manis. Hal itulah yang menyebabkan waffle ini terasa padat dan manis di mulut.

d. Hong Kong waffles
Di Hong Kong, kue waffle biasanya dijajakan oleh penjual asongan. Mereka dapat mengkonsumsinya disaat kondisi hangat.

Hong Kong Waffles mempunyai tekstur bulat-bulat seperti kue cubit. Penjual waffle di negara ini biasanya meletakan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle setelah itu barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian waffles
Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk menyerupai hati. Kemudian di atas Scandinavian waffle ditaburkan gula, buah stoberi, selai, dan berbagai jenis buah.

f. Stroopwafels
Roti waffle berlatar belakang Belanda ini adalah waffle tipis ditambahkan dengan sirup di dalamnya. Komposisi adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.

Stroopwafels ialah waffle yang dibelah menjadi dua bagian yang sama disaat masih dalam proses pemanggangan. Barulah waffle ditaburi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Campuran Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Waffle
Resep waffle yang akan kami paparkan berikut ialah teknik yang tidak banyak berbeda dengan teknik waffle belgia yang sudah sangat terkenal, sehingga menyebabkan waffle ini menjadi cukup renyah dan garing.

Untuk membuat waffle yang lezat dan sehat anda membutuhkan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 1/4 kg tepung terigu.
b. 50 gram margarin yang dicairkan terlebih dulu.
c. Dua gelas susu cair.
d. ½ sdt garam dapur.
e. 3 butir kuning telur ayam.
f. Tiga butir putih telur ayam.
g. Dua sendok gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap saji.
i. Kemudian vanila powder, secukupnya.

3. Resep Membuat Waffle Spesial Lezat Garing.
a. Sediakan 2 wadah yang berlainan sebagai sarana mencampurkan bahan adonan, masukan tepung terigu, gula halus, garam halus, vanila powder, dan baking powder di tempat pertama, kemudian aduk sampai tercampur rata.
b. Selanjutnya campurkan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, lalu aduk sampai merata.
c. Setelah itu masukan adonan cair pada tempat kedua ke wadah pertama, lalu aduk hingga semua bahan tercampur secara rata.

No comments:

Post a Comment

Cara Mudah Membuat Waffle

Cara Membuat Waffle Chocolate Waffle adalah jenis makanan yang sudah sangat terkenal di benua Eropa dan sekitarnya, yang mana sekarang suda...